tisdag 4 december 2007

Yang flamboyan, yg korup, yg berapi2, yg cablak, yg lemot, yg peragu....

Ini ttg presiden kita. Soekarno terkenal flamboyan, Pak Harto katanya jago korupsi, Habibie yg semangat 45 klo udh ngomong teknologi, Megawati yg katanya lemot (tp baru2 ini ada surat kabar yg berani menulis doi udh bertransformasi bak Cleopatra yg tegas & berani ngomong), ada Gus Dur yg cablak ruarrrrrr biasa, SBY yg katanya peragu krn terlalu nimbang2 (lah...yg namanya jenderal kan emang hrs berpikir strategis ya, gak asal cablak. hi...hi...kok, belain sih).
Siapa favorit gw? Au ah gelap. Masing2 punya kelebihan & kekurangan. Tp klo gw disuruh milih favorit dari yg paling bawah ya, Megawati and then Gus Dur. Kenapa? Tahu tuh. Ini mah selera pribadi aja. Meski katanya Gus Dur itu yg plg berani memecat jenderal (Siapa ayo...?)

Soekarno gw kagum dgn keberaniannya melawan barat & kayaknya emang dia avant garde banget orangnya. Di jaman org2 blm berani ngutak ngatik PBB, dia udh berani bilang: "Bubarkan PBB!". Nah...loh! Kali jaman itu negara2 lain pd ngebathin gini ya: "Siape lu....dari negara miskin & baru merdeka aja, kok, belagu". He...he....
Soekarno jg berani bilang: "Ganyang M'sia...!!!" Mungkin jaman dulu bangsanya sendiri bilang: "Presiden kita ini kok, aneh banget sih. Malu2in aja, masak tetangga mau diganyang. Ketahuan banget kita msh pakai hukum barbarisme." Eh...puluhan tahun kemudian terbukti, M'sia memang tetangga gak tahu diri yg suka menari diatas penderitaan tetangganya yg lg lengah.

Soeharto....duh...Pake...senyummu itu...betul2 ngalahin Monalisa, gak salah deh, Pake dijuluki "The Smiling General". Meski, katanya nih....senyumnya itu mematikan....alias tipikal suku jawa yg iya...iya....di depan tp nusuk dr belakang: blesss!!!! Berapa banyak musuh politik Soeharto yg mati, kagak ketahuan dah jumlahnya.
Tp ada yg gw kagum dr Soeharto: kemampuannya membuat stabilisasi bertahun2, meski byk yg hrs dikorbankan, al. membungkam & mematikan musuh2 politiknya. Klo gw sih, dr jaman dulu gak kagum dg pembangunan ekonomi ala Soeharto, pembangunan semu alias kosmetik, dari luar tampak cantik tp di dalam bolong2. Sumber alam Indonesia habis. Tp gw suka dg konsep Pelita, Posyandu (yg menurut Bill Gates dia tiru utk membantu kesehatan ibu & anak di negara2 lain di Asia).

Habibie, konsep dia betul banget (menurut gw pribadi), sbg neg kepulauan Indonesia butuh pesawat sbg transportasi. Tp sayang ya, KKN di IPTN itu mana tahan.

Klo dipikir2 ketiga Presiden diatas punya konsep yg bagus2 ya, tp sayang pelaksanaannya di lapangan parah.

Megawati, Gus Dur, SBY....konsepnya apa ya, yg melekat di kepala gw? Duh...susah banget nyarinya. Nyokap gw dulu pendukung habis Megawati, tp sekrg doi kapok sekapoknya. So far, gw kasih dispensasi deh ama SBY yg ganteng, berhub sejak dia jd presiden bencana alam gak berhenti2. Lucunya, Gus Dus mengritik SBY yg saat ini lagi hobi bermusik & bikin lagu. "Rakyat lagi susah, kok, malah bikin lagu", kata Gus Dur.
Yeah....suka2 orang atuh Gus. Tiap orang kan punya hobi masing2 utk ngilangin stres asal jgn menyita waktu banget. Soekarno suka seni (lukisan dll), Soeharto suka ngelus2 kerbau di Tapos, Habibie suka ngelus2 pesawat....Megawati suka ngelus2 Taufik hi...hi...., Gus Dur sendiri suka ngelus2 Aryanti eh...salah....Gus Dur suka guyon. SBY suka ngelus2 gitar....hmmmmmm.........

Klo gw baca buku Korupsi Kepresidenan, reproduksi oligarki berkaki tiga: istana, tangsi & partai penguasa karangan George Aditjondro, gimana2 ternyata aroma KKN memang sdh menjadi pattern politik Indonesia. Ya...rakyat lagi, rakyat lagi yg jd korban. Kasihan banget yang jadi rakyat. He...he...termasuk gw dong, ya.

Inga kommentarer: