måndag 10 december 2007

Oprah: antara Gender & Ras

Gw suka banget nonton acara Oprah Wimprey Show di TV, terlebih jika the show menghadirkan para selebs atau politisi terkenal. Gw jg suka personality Oprah; dia kacang yg tdk lupa dg kulitnya (sorry ye, gw males nulis lbh detail ttg biografi Oprah, mending googling aja sendiri atau buka homepage dia). Pendeknya, gw suka aktivitas philantrofi Oprah dgn Angle Network-nya yg membantu negara2 miskin, khususnya Afrika (jelas dong...).
Nah, bbrp waktu lalu gw sempat lht wwcr dia dgn Barack Obama. Hmm...gw seneng juga sih, lihat si Obama nyebut2 ttg bapak & kakak tirinya yg orang Indonesia. Kali aja klo dia jd presiden, Indonesia gak diobok2 lagi ama Amrik. Meski....gw sendiri gak yakin, Obama bakal melaju jd presiden. Secara gw belum yakin, orang2 Amrik yg katanya pendekar HAM itu sdh siap menerima presiden kulit hitam.
Sehabis nonton the show, gw ngebayangin, bagaimana klo gw jd Oprah ya? Siapa yg gw pilih? Di satu sisi, Oprah keturunan Afrika, tentu seneng dong, klo dpt presiden Amerika keturunan Afrika. Gile...cing, pertama dlm sejarah USA. Tapi.....Oprah juga perempuan, yg sering cuap2 mengenai kesataraan gender. Tentu seneng dong...klo dpt Presiden Wanita pertama di USA (he...he...masak neg super power pendekar HAM blm pernah punya presiden cewek, kalah dong ama Indonesia yg baru belajar HAM). Dilema juga, ya...
Ha....ha.....ternyata pertanyaan yg menggelitik gw itu terjawab sudah weekend ini. Ternyata si Oprah lebih memilih kesetaraan ras daripada gender http://abcnews.go.com/GMA/story?id=3565754&page=1. Gubrak....!!! Nah loh....!!!! Kita lihat aja, apakah duet O+O ini memenangkan pertandingan kursi presiden. Gw sih, pengen jg lht Obama naik spy Indonesia keciprat dikit gitu. Tp....hati kecil gw deny alias pesimis...sejarah membuktikan, org Amrik blm bisa nerima pemimpin dr kulit berwarna, afro american.
Btw, mari kita saksikan, jika Hillary yg jd presiden, apakah acara-nya Oprah bakal di banned? He...he....kali Amerika mesti impor Harmoko dulu dari Indonesia ya.....

Inga kommentarer: