måndag 29 oktober 2007

Masih adakah doa para suami?

Entah kenapa, gw seneng banget ama lagu Ebiet G Ade ini.



Lagu itu ngingetin gw waktu kecil saat shalat maghrib berjamaah dg bokap & saudara2 gw. Doa si 'pengemis' di lagunya Ebiet itu mirip plek ama doanya bokap. Cuma yg waktu itu bikin anak sekecil gw jd bingung, kenapa pula orang berdoa: "Hindarilah hati isteri & anakku dari iri & dengki".

Ternyata doa itu memang maknanya amat dalam. Dulu gw gak tahu klo iri & dengki itu betul2 merusak kerukunan, bahkan dr jaman para nabi (inget cerita nabi Yusuf yg menjd obyek rasa iri para saudaranya?). Ya, iri ternyata membuat kita manusia bs berbuat keji: menyebar fitnah, menyakiti orang, sampai membunuh sekalipun.

Iri jg, menurut gw, sumber korupsi. Misalnya, udh jamak dikalangan ibu2 suka iri klo lht tetangga di kompleks punya TV, kulkas, mobil baru dll. So, lagu ini harusnya jd theme song disetiap rumah tangga, biar membantu ibu2 spy gak iri & mendorong suaminya korupsi.

Jd inget kejadian belum lama ini. Waktu baru liburan dr Indonesia summer lalu, gw masukin foto2 ke site gw di Multiply (Mp). Nah, enaknya dg Mp, kita bs lihat siapa2 yg habis view site kita, termasuk jamnya. So gw, lihat ada 'tetangga' yg baru mampir ke site gw.

The next morning, tiba2 si tetangga telpon, tanpa basa basi bilang: "Orang2 pd enak2an di Indonesia, gak tahu orang Indo lg pd susah. Saya lht sendiri di Mp, Mbak. Drpd enak2 kan lebih baik uangnya diksh org susah."

Ah, gw cubit tangan sendiri, ternyata gw kagak mimpi. Ya, ampun...tante...pagi2 buta udh ngelabrak org. Tp gw pura2 cool & mengiyakan betapa susahnya kehdpan org Indo sekrg ini. Belakangan gw bilang: "Tahu gak, klo mau beramal, plg enak sekrg loh ke Indo, saat org2 lg pd susah. Diksh 10 kronor aja, mereka langsung nunduk2."

Si Jeng itu langsung terdiam. Dalam hati gw mbathin: "Oi...jgn mentang2 pakaianmu itu, kau pikir kamu bs men-djuge bahwa org lain tak punya empati". Lgpl, emang gw mesti manggil dia setiap mau beramal. Buat gw, beramal itu hubungan intim gw dgn Tuhan, gak perlu org lain tahu. Mungkin si Jeng pikir, dg atribut agama dia selama ini, status dia lbh tinggi dimata Tuhan. Hm...begitulah, kadang2 org merasa bahwa dg ibadahnya, mereka mendpt legitimasi dr Tuhan utk memaki2 org lain & mengajari cara beramal. Ha...ha....konyol banget dah.

Tentu aja semua itu cuma gw telan dlm hati, krn salah2 nanti ceritanya ke org lain dibalik:Mbak Nina sombong. Pdhl duileh...kesambet apa sih, pagi2 buta protes & telpon2 ke rumah org. Kan urusan gw, mau taruh foto di mana aja. Lagian internet dikembangkan utk dimanfaatkan bukan??? Tp mungkin inilah salah satu resiko, klo ketemu org yg sok kepingin mengikuti perkembangan IT, tp msh memelihara sifat2 primitif. Hm...mungkin dia iri gak bisa pulkam.

Tuhan, jauhkan aku dr rasa iri yg berlebihan...Ajari aku bersyukur utk setiap nikmat yg Kau berikan.

PS:
Btw, msh adakah suami2 yg berdoa secantik doa 'sang pengemis' diatas? Atau para suami di Indo saat ini sibuk mengikuti trend, mencari selingkuhan? Mudah2an masih ada ya....

Inga kommentarer: