onsdag 31 oktober 2007

Cerai sesudah 40 tahun menikah????

Kemarin ini gw telpon sohib rumpi yg terbaik & terpercaya di Jkt, namanya Evi tp biasa gw panggil Uni, he...he....jelas aja, soale dia kakak gw & plg baik pula. Uni cerita bahwa mertua Abang gw akan bercerai. "Gosh....!!! Apaan lagi neh... after married for more than 40 years???" .

Habis tutup telpon gw tercenung...Ya Allah, ternyata harta memang bukan segalanya. Pdhl kurang apa coba mereka itu??? Rumah di daerah elite di Jkt Timur, ada kolam renang segala. Dari anak sampai cucu punya mobil satu2 (pantes....Jkt macet ya...). Memang bisnis si papi agak menurun belakangan. Gw dengar dr abang gw, properti mereka di Jkt udh mulai berkurang krn dijualin, begitu jg yg di Batam, bahkan S'pore.

Ini kejadian yg bikin gw shock utk kedua kali. Sebelumnya, sohib deket gw jg mengalami hal yg sama di keluarganya. Perkawinan bonyok(bokap nyokap)-nya yg udh lbh 30 taon-an hrs bubar, properti habis. Rumah yg tersisa tinggal yg ditempati sohib gw & nyokapnya. Bokap temen gw itu politisi yg cukup terkenal & termasuk ketua di salah satu partai politik besar jaman Soeharto.

Mau tahu penyebabnya....? apalagi klo bukan perempuan...Duh...perempuan lagi, perempuan lagi. Emang apa sih yg terjadi dg kaum gw ini??? Bs gak ya, cari kesenangan gak di atas penderitaan org lain? Aplg bapak2 itu udh punya anak2 yg dewasa & bercucu pula. Mbok ya, tahan napsu dikit, klo mau kaya, kerja keras dong.

Jd inget pembicaraan gw bbrp taon lalu dg nara sumber perempuan yg cukup deket ama gw. Gw samarin datanya ya, secara si ibu itu anak org terkenal di Indonesia. Suaminya jg eksekutif terkenal, dianya sendiri jg terkenal, nah loh....!!!

Suatu ketika di kantornya yg serba mewah, dia menarik rokoknya dalam2 & asapnya ngebul sampai ke muka gw. Rambutnya disasak rapih, dg baju kerja warna hitam kesukaanya, tentu bermerek & beli langsung dr disainer kondang di Itali.
" Bapak ada main sama artis kuntilanak", katanya menerawang.

Ha...ha...gw jd ketawa, beginilah klo org sakit hati, ngomong udh gak karuan & seenaknya (asli, bukan belain temen, tp gw pikir jg, itu artis emang tampangnya kyk kuntilanak, hi...hi...kyk pernah lht kuntilanak aja). Makanya gw maklum, biar aja beliau ngomong seenaknya, terapi buat beliau. Krn gw sendiri klo disakiti jd begitu, gak usah munafik deh. Beliau lalu menyebutkan nama artis terkenal.

Mau tahu jawaban gw?
Begini: "Bu, klo saya jd ibu, saya mah cuek aja."

Si ibu yg semula tenang nampak terperangah: "Ah, kenapa?" Dia jd tertarik, pandangannya dalam ke arah gw krn kepingin tahu.

Gw dgn tenangnya & sok tahu, pdhl pantes jd keponakan dia, pdhl blm pernah ngerasain punya suami ketika itu: "Gini loh bu, bukankah setiap laki2 itu punya kecenderungan poligami?"

Si ibu makin tertarik: "Terus....?"

Gw: "Suami ibu selingkuh, tp dia ganteng, pintar, terkenal, punya jabatan, duitnya banyak, dan tetap jd suami ibu, gak ninggalin ibu. Ibu kebayang gak, para perempuan yg punya suami jelek, miskin, goblok, udh gitu selingkuh atau poligami pula. Nah...klo udh begitu, apa dong yg tersisa utk anak & isterinya????"

Si ibu melongo....sambil menghisap rokoknya kencang2.

Gw: "Jadi gini bu, klo saya jd ibu, udh...cuekin aja. Ibu msh beruntung. Nikmatin aja duitnya Bu, jalan2, belanja, seneng2 ama anak2 atau bikin kegiatan sosial buat di akhirat. "

Si ibu itu nampak lbh tenang....waktu itu gw berharap dia akan menerima keadaannya. Bbrp taon belakangan, gw gak kontak lg ama dia. Tahu2 gw baca gosip ttg suaminya di tabloid2. Gw cuma berbisik ke diri sendiri: "Ibu....akhirnya bobol jg pertahananmu..." Gw yakin , beliau sendiri yg mengeluarkan unek2 itu ke tabloid, mungkin maksudnya biar si artis itu & suami beliau kapok.

Belakangan, lwt internet, gw baca berita si ibu yg baek itu meninggal setlh sakit lama. Gw cuma bisa berdoa, semoga beliau mendpt ketenangan di sana. Sedih jg sih, krn biar bagaimana gw pernah deket, gw pernah merasakan perhatian beliau yg tulus thdp gw yg urakan ketika itu.

Gw semakin yakin bahwa harta itu gak membuat org bahagia. Kesannya klise....tp kita baru percaya ketika org2 dekat kita mengalaminya.

Maka dari itu, gw minta yg simple2 aja ama Tuhan: " Tuhan....kasih aku suami yg baik, ya.....biasa2 aja....tp baik deh, pokoknya, yg selalu kemana2 bersamaku, family man, yg ngemong, yg ngalahan soalnya aku suka stubborn Tuhan....".

Eh...akhirnya nemu jg, walao jauh di kutub utara, ninggalin sanak saudara, temen2, profesi yg menjanjikan dll. Gak pa pa deh, kan utk dpt sesuatu memang kita hrs berkorban.

So, perempuan2 di mana pun....simak baek2 ya....berjuanglah utk mendptkan sesuatu yg memang pantas milik kita, bukan sesuatu yg seharusnya menjadi milik orang lain. Klo dilamar laki2, tanya langsung: "Statusmu gimana? " Ngerti sih, berjuang ama napsu sendiri emang plg berat aplg klo udh kadung jatuh cinta, tp klo berhasil kan hasilnya jg indahhhhhhh......



Inga kommentarer: