lördag 3 november 2007

Pamrih, reward, karma...???

Kemarin pagi chat dgn temen gw yg di Amrik. Di sana lg midnight & kebetulan doi susah tidur (maklum lagi hamil anak pertama, mungkin udh mulai megap2 krn perut yg semakin membesar). Saat itu gw pas baru bangun tdr, agak nyantai, gak dikejar2 hrs ngantar anak sekolah, krn di Swedia lagi sport holiday selama seminggu. Menurut hsl USG, temen gw bakal dpt anak perempuan, meski dia pengen anak laki. Alasannya? Ah, bukan hak gw ngejelasin urusan org di blog ini.

Gw, spt biasa, pengen nyenengin temen. "Gak, pa pa lah....anak perempuan kan enak, bs didandani macam2."

A: "Iya, sih...klo ke toko bayi jg senengnya lht baju anak perempuan".

Gw: "Lgpl, anak perempuan enak, meski udh kawin ttp ingat ama ortu. Klo anak laki, kan dikuasai isteri". Hi...hi..pdhl belum tentu jg.

A: "He...he...iya, serem ya...."

Gw: "Makanya, gw selalu berusaha baek ama mertua gw, spy gw dpt karma baek kelak ". Maksudnya klo sekarang gw jd mantu yg baek, gw berhrp, kelak dpt mantu perempuan yg baek jg.

A: "Ah, elu....pamrih dong...."

Gw: "Ya, wajar dong. Tuhan aja berpamrih ama kita, buktinya klo kita baik mau dimasukin surga".

A: "Loh...itu mah reward."

Gw: "Apa bedanya reward ama pamrih? kan sama2 ngarep sesuatu".

A: "Iya....ya...."

Soal pamrih in udh lama jd pikiran gw, kebetulan tiba2 saat chat sampai ke topik ini. Apa iya sih, org berbuat sesuatu gak ngarep sesuatu???Terus terang aja, gw gak percaya sama sekali klo ada org gak berpamrih ketika melakukan sesuatu. Setiap dr kita, pasti berharap pamrih. Seorg ustad atau tokoh agama pun berpamrih ketika berbuat sesuatu, meski ketika dia membantu org lain atau bersedekah bilang: "Saya ridho...lillahi ta Allah.... " Menurut gw, tetap aja dia berpamrih, pamrih mendpt pahala dari Allah, Tuhan sang pencipta.

Sebagai anak, gw jg selalu memprioritaskan keinginan ortu. Biar pacar gw gantengnya kayak Pierce Brosnan & gw cinta setengah mati, tp klo ortu gw bilang: "Gak boleh.....krn ...", ya udh, mau aplg. Kenapa gw nurut??? Krn gw pengen, kelak anak gw nurut jg ama gw. Gw berharap pamrih.
Klo gw ngasih sesuatu ama emak gw pun saat ini, gw berharap mama gw yg udh sepuh itu berdoa buat gw. Gw percaya, doa seorg ibu yg plg didengar Tuhan. Doa ibu melancarkan jalan gw dlm segala hal. Pamrih dong....!!!! Emang.....ogah munafik ah, nambahin dosa aja.

Contohnya, waktu gw mau melahirkan, udh mengejan setengah mati, tp itu bayi gak keluar2. Tiba2 gw ingat blm minta maap ama nyokap gw & gak sempat telpon seblm ke RS. Saat itu jg gw membathin: "Mama...maapin kesalahanku". Eh....langsung brojol tuh bayi.

Suatu ketika, pacar gw bilang, bapaknya pengen dia kwn ama cewek lain (kebetulan yunior dia di ITB). Gw cuek aja & bilang: "Iya...ikutin aja permintaan bapakmu". Pacar gw kelabakan dijwb gitu.

Trus dia bilang: "Kamu gak sayang dong ama saya?"

Dlm hati gw mbathin: emang gw mesti nangisin elu? Tp gw jwb: " Klo gw jd bapak ibumu, pasti gw berharap, kamu nurut gw." He...he...doi tambah penasaran & kelimpungan. Padahal I meant it.

Sayang...apa sih sayang? Sejak gw puber pertama, gw udh berprinsip: cinta & prioritas hanya kuberikan kpd Tuhan & ibu bapakku. Gw bergantung pd Tuhan, krn doa. Gw percaya, cinta ibu bapak thdp gw sdh terbukti sejak gw lhr & gw gak akan berspekulasi mencr cinta pd phk lain. Makanya ketika bekas cowok gw disuruh kwn ama cewek lain, gw cuma bs blg: "Monggo....!!! Kenapa? Krn gw berpamrih. Pamrih & berharap kelak anak gw jg hormat & patuh ama gw, mesti gw akan memberi dia kebebasan memilih (tentu dg terlebih dulu memberi petunjuk dlm membuat pilihan2).

Btw, klo bertemen, gw selalu berusaha nyenengin temen, entah dg kata2 spt diatas atau lwt pemberian2 atau menjamu makan. Jujur aja, gw berpamrih. At least, gw berharap dia jd temen yg baek. Tp gak berarti klo gw jamu makan, dia hrs balik jamu gw lagi. Lah, klo kebetulan temen gw itu pengangguran, masak gw mesti maksa dia nraktir gw makan jg. Gak lucu kan....

Lgpl, dr sananya kita diajarin pamrih. Gak percaya? Nih, Tuhan menjanjikan sorga & neraka utk kita pilih; klo elu baek, elu diksh sorga. Klo jahat, dicemplungin ke neraka. Trus, emak, bapak, kakek, nenek, tante, om, kakak, dari kecil suka bilang gini: "Ayo....duduk yg manis ya, jangan nakal ya....klo gak nakal nanti dikasih permen/coklat."

Nah...kan...kita diajarin ngarep sesuatu dari sejak dini. Salah siapa? Ini salah siapa? Dosa siapa? Ini dosa siapa?

Inga kommentarer: