fredag 26 oktober 2007

Bergosip Tak Selalu Buruk (Don't be trapped in shallow society)

journals.aol.com/.../2007/07/29/friends/2944

Beberapa hari lalu, gw sempat baca berita menarik di Detik.com "Bergosip tak selalu buruk" (http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/10/tgl/21/time/203433/idnews/843166/idkanal/10 )
Terus terang, masalah gosip ini amat menarik buat gw & diam2 gw jd pemerhati prilaku bangsa dhewek diseputaran masalah GOSIP. Kenapa...????

Jaman hdp di Indonesia, gw mah gak pernah kepikir klo kultur gosip itu benar2 mempengaruhi cara hdp masyarakat kita. Masalahnya, klo di Indonesia, habis ngerumpi, trus bubar jalan, kagak diinget2 lagi; eh...td elu ngomong apa ye? Si X barusan blg apa ya? etc. Pokoke habis itu back to business. Dgn kata lain, gosip itu hanya bumbu obrolan, bukan tujuan/kegiatan utama. Tp tergantung jg kali ya, klo dikalangan ibu2 emang mungkin beda ya, krn gw gak punya pengalaman jd ibu2 sebelumnya he...he....

Nah, begitu pindah ke negeri maju, lah...kok, suasana malah jd laen ya?
Pertama pindah ke Swedia, gw langsung didekati & ditelpon bbrp org: "Mbak...jgn mau temenan ama si anu ya, saya dengar sendiri loh Mbak diomongin dia. Mbak...si A begini, si C begono etc." Lucunya, aku dilarang gaul, tp nanti yg ngasih info malah gaul ama yg diomongin. Ck.....ck...kebiasaan jelek banget ya...

Dasarnya, gw suka bertemen ama siapa aja. Dari dulu keluarga gw udh hapal tuh, gw suka keluyuran sampai malam (gak perduli besok mo ujian), pulang2 bawa temen baru he....he... Trus temen gw ada di mana2, scr gw ikut les ini les itu dr jaman SD. Dan biasanya temennya temen gw, jd temen gw jg (bingung kan?).

Lah di LN, org Indonesia malah rebutan org Indonesia utk jd temennya, kdg sampai fitnah2an...My gosh....shallow banget ya, gak nyangka deh. Udh di luar bukannya bikin network malah ngubek2 bangsa sendiri. Pdhl klo mo ketemu org Indonesia, mending gak ush pindah ke LN, ya. He...he.. bukan berarti gak boleh gaul sama sekali dg org Indonesia loh.

Prinsip buat gw, orang mau jungkir balik selama gak nyakitin gw , sebodo amat, urusan elu deh. Be objective, kecuali klo gw jd korbannya. Klo pun itu terjadi, ksh jg kesempatan kpd org utk bs berubah, toh kita jg bs alpa, ya gak?

Tp klo ada org yg terus aja gosipin gw, biasanya semua gw kembalikan ke diri gw & tanya: "Shall I make friendship with such people? Can I change her/him?" Klo hati kecil gw bilang: "no....impossible...!!!!" ya udh lbh baik lupain & mending cari temen lain yg cocok. Gitu aja kok, repot.

Yg lucunya nih, kadang ada orang lg musuhan ama temennya, jelekin temennya ke mana2, mancing2 org lain berpendapat. Nah, nanti klo mau baikan ama temennya, dibalik deh ceritanya. Atau ada jg yg sengaja membakar2 org lain utk menutupi kejelekan/kesalahannya sendiri, dg kata lain; mengalihkan perhatian org, klo perlu dg cara memfitnah org lain. Ck...ck...

Lucunya lg, klo ngobrol ama temen2 di belahan dunia manapun, kesimpulan & pernyataannya sama: "Org Indonesia di tempat gw 'kang gosip & berantem". ha...ha..... Nah, kita sendiri gimana???

Menurut gw nih, yg suka gosip tuh bukan cuma org Indonesia. Bule jg kok, saudara2.....

Buktinya, kata gosip, berasal dr bhs Inggris. Ayoh.....?!!! Ini udh gw buktikan di tempat2 kerja di Swedia, dr yg kelas bawah sampai yg pejabat jg suka ngomongin koleganya. Cuma ada bedanya, bule gak ngabisin waktunya berjam2 buat gosip (kyk kita) & gak mau masuk ke wilayah pribadi org sampai dlm. Bedanya lg, org kita suka munafik. Ngaku gak suka gosip tp diam2 bergosip dibelakang. Lebih parah lg, gosipin org mau, tp digosipin ngamuk & serbu....hi...hi... ini nih yg berabe. Gak intelek banget ya, childish.

Yg menarik jg, dr pengamatan gw soal gosip, ternyata secara umum orang Indonesia itu amat mudah terpengaruh, gak perduli itu pejabat yg megang setumpuk gelar akademis sampai rakyat jelata. Klo ada org uneducated gampang dipengaruhi, gw sih, maklum banget. Kasih dispensasi deh. Mungkin mereka gak pernah kenal yg namanya prinsip check & balance and see the facts first. Lebih kasihan lg, klo ada org yg ngaku sekolahan tp kebawa ama yg gak sekolahan atau yg scr akademis jauh dibawah dia. Harusnya kan yg sekolahan memberi enlightenment toh?

Klo ditarik lbh jauh, gak aneh kan, dulu demo2 sempat marak di Indo. Gak aneh org Indonesia gampang diadu domba, gak aneh para kumpeni pake politik divide & rule alias devide et impera, krn org Indo itu gampang dipengaruhi & dibakar2, aplg diksh nasi bungkus (he...he..murah banget ya, harga diri bangsa kita).

Gw bilang sekali lagi, sebetulnya bergosip itu lumrah & manusiawi (cuma org Indonesia lbh ekstrim). Gak usah munafiklah, nambahin dosa aja. Asli, gw gak percaya klo ada org yg ngaku gak pernah bergosip alias mulutnya immune dr bergosip. Pastilah, minimal pernah gosipin politisi & artis. Klo ada bayi gak bergosip, gw percaya 100%, wong makan aja msh disuapi ha...ha.....

Klo gak ada gosip, mana pula cafe2 menjamur di seluruh dunia? Emangnya org ke kafe cuma duduk melototin koran & minum kopi, pastilah ada yg dibahas. " (Nah...baca deh pendapat dr wartawan & host terkenal Barbara Walters di artikel detik com di atas).

Bagaimana kalau kita jd korban gosip? Emang jengkel, tp kita toh gak mungkin buang2 waktu buat menangkis, biar aja gone with the wind. Anggap aja, gosip itu blessing in disguise: marketing gratis buat kita. Yg tak kalah pentingnya, gosip bs menjd alat utk mengetes/mensortir siapa2 yg pantas dijadikan teman, siapa2 yg bodoh & mudah terpengaruh & gak punya prinsip.

Buat siapa aja yg berniat pindah ke LN, pesan gw: take it easy....lbh baik jika waktumu digunakan utk mengenali lingkungan negeri barumu. The most important thing: keep in touch with your old friends...krn biar bagaimana pun mereka sdh mengenalmu dg baik.

JANGAN PERNAH BERTUALANG MENCARI TEMAN BARU, apalagi yg kita gak tahu asal usulnya dg jelas. Don't be trapped in shallow society.

Inga kommentarer: