onsdag 21 november 2007

Memaafkan tapi tak melupakan... gombal tea.

Sejak menetap di LN, ada sesuatu yang menarik kutemukan dalam sifat & kultur Indonesia. Orang Indonesia itu, ternyata amat gampang ngamuk (makanya ada kata AMOK dlm kamus bhs Inggris), marah2, berantem dan terpecah.

Lucunya, org Indonesia jg terkenal AMNESIA, cepat banget lupa/melupakan. Klo marah cepat lumer aplg klo dikasih nasi bungkus & hadiah (hi...hi...murah amat harganya). Makanya, penanganan kasus korupsi di Indonesia gak pernah tuntas. Yg ada, jaksa yg terlalu berani malah mati misterius. Ya, mau gimana lagi, karena banyak pejabat yg dgn kesadaran penuh, lbh suka bersikap pragmatis; mending terima suap drpd mati mendadak. Enak toh, bisa punya bini 10 atau nyimpen artis dg easy money.

Nah....dari sononya, memang masyarakat Indonesia punya kebiasaan yg menurut gw bingungin (mungkin gw yg aneh, ya?). Lazim banget nih, misalnya lagi berantem ama temennya, cari org lain utk curhat dll. Besok.....udh baikan lagi, rangkul2an lagi.....lucu banget deh. Trus bilang: "Ah....gw kan sebenarnya gak ada masalah ama dia?" Lah...kok.....klo gitu kenapa kemarin ngomel2 & bete, ngajak2 org benci ama temennya???

Ternyata sifat org kita yg membingungkan ini juga dibenarkan oleh seorg diplomat senior yg belum lama ini ketemu gw, secara dia jg byk mempelajari prilaku bangsa dhewek di mana2.

Hari ini, asli gw ketawa sendiri ketika tanpa sengaja membaca blog Mediacare & ketemu wawancara dgn Gus Dur di acara Kick Andy. Jadi ingat aja dengan kelakuan masyarakat Indonesia di sekitar gw. Ternyata, even seorang Gus Dur pun punya kelakuan yg rupanya memang sudah typical org Indonesia: "Saya memaafkan mereka, tp tidak melupakan apa yang mereka perbuat".

Lebih jelasnya, ini kutipan wawancara dg Gus Dur itu.
Lalu siapa orang-orang yang paling 'berdosa' dan bertanggung jawab atas kejatuhannya itu? "Megawati & Amien Rais," ujar Gus Dur tegas. Tapi jika dua tokoh tersebut ditudingnya sebagai penyebab kejatuhannya, mengapa setelah peristiwa tersebut hubungan Gus Dur dengan Amien Rais & Megawati pernah terlihat 'mesra' kembali? "Saya memaafkan mereka, tapi tidak melupakan apa yang mereka perbuat." http://mediacare.blogspot.com/2007/11/gus-dur-dan-gus-pur-di-kick-andy.html

Alah.....klo kangen ama temen lama & pengen mesra2an lagi, bilang ajalah Gus....! Gombal banget sih, sampeyan! Hi..hi...rakyat Indonesia pasti ketawa & geleng2 lihat prilaku Gus Dur & para politisi kita, sama halnya gw ketawa melihat lingkungan masy Indonesia di sekitar gw.

Next time klo lht org berantem ato curhat ttg temennya, mending cuekin aja. Klo ada berita politisi partai anu berantem ama politisi dr partai sebelah & bla....bla...., saran gw: jgn dibaca ya!!! Besok juga baikan lagi, peluk2an lagi, ketika mereka punya interest yg sama. Tapi gw perhatikan, memang orang Indonesia itu bangsa yg suka ngumpul & takut hidup sendiri. Krn itu biar udh sebel setengah mati, tetap aja ngumpul2 lagi, ngumpul lagi...

Tidak ada pertemanan yg abadi, yang ada hanyalah kepentingan yg abadi.

Robert Louis Stevenson bilang: "The friendship that can cease has never been real."

Inga kommentarer: