fredag 25 april 2008

Bapakku bukan laki-laki...Kamu masih perawan...???

Salah satu hobi gw adalah, nguping pembicaraan orang di sekeliling gw, apalagi saat di tempat umum. Rasanya asik aja, kadang lucu, mengharukan, sedih dll. Dulu jaman di Indonesia, klo lg suntuk, gw suka tuh keluyuran sendiri sambil cari bahan perbandingan, mana yg lebih beruntung: gw atau orang2 di jalan itu? Biasanya sih, setelah itu gw jd kuat lagi. Krn ternyata, gw msh lbh beruntung dibanding jutaan manusia Indonesia. Nah, sekarang gw mau cerita perbincangan remeh temeh orang lain, tapi ini kejadian di Swedia.

Belum lama ini, gw sdg duduk di ruang tunggu klinik bersama anak semata wayang gw, sambil buka2 majalah Elle Interior. Tiba2 seorang ibu datang dengan 2 anak kecil. Si bayi tidur di kereta dorongnya. Puteranya yg besar (umur 2 th-an) diduduki sang ibu di kursi depan gw.

Sang ibu, sambil ngerogoh HP di tasnya: "Bentar ya, mama telpon papa dulu spy jemput kita".
Eh si anak yg besar, sambil buka2 majalah Donald Bebek teriak: "Mama...bapakku bukan laki-laki..."
Sang ibu terdiam, bengong, gak jadi telpon tp malah natap anaknya.
Sang anak (sambil geleng2 kepala): "Bapakku bukan laki-laki, dia seorang bapak."
Ah...ibunya bernafas lega.

Gw senyum2 aja dengar tuh anak ngomong. Sebetulnya sih, gemes, pengen cowel2 tuh anak. Tapi he...he...ini Swedia bung...mana boleh cowel2 anak orang kagak dikenal. Klo di Indonesia mah, biasa tuh SKSD (sok deket sok kenal) ama anak orang.

*****
Minggu lalu, gw ngantar anak & hubby berenang. Krn berhalangan, jd gw duduk di ruang tunggu sambil berusaha nyelesaian novel yg lagi gw baca. Tiba2 seorang kakek tua umur 80-an, mendekati dua remaja cewek di bangku sebelah. Agaknya salah satu dari mereka udh kenal si Aki & mulai menggoda dia. Hi...hi...gw jd ingat diri sendiri yg suka banget jahilin kakek2 & nenek2 (dlm arti bikin senang mereka). Lama2 gw keganggu juga dg mereka, akhirnya novel gw tutup & mulai nguping pembicaraan mereka sambil senyum2.
Tiba2 si kakek mendekati cewek yg cantik: "Ah...kamu udh gak perawan kan?"
What...??? Gw kaget dg pertanyaan si Aki yg nyodok itu. Dua cewek itu pun merah padam. Mereka kelihatan malu ama gw, tp gw pura2 bego aja & pura2 baca novel lagi.
Cewek yg satu: "Eh...Karl Axel kamu salah! Dia masih kecil loh, masih 13 thn."
Si Aki gak mau kalah, sambil nunjuk2: "Ah...tetap aja, kamu gak perawan lagi."
Si neng cantik: "Ah...gw belum punya cowok, tahu! Gimana bisa gak perawan?"
Si Aki ngeyel: "Oh..berarti kamu pemalu dong, buktinya gak ada yg mau ama kamu."
Si neng satunya: "Karl Axel...sudah sana keluar...tuh di luar lagi terik. Lebih bagus kamu nikmati matahari!" Si Aki pun nurut & pergi...

Hi..hi...terus terang, dialog itu menarik buat gw secara gw datang dr Indonesia, di mana soal keperawanan masih jd masalah sensitif. Tp di Swedia, anak2 remaja kehilangan keperawanan adalah hal biasa. Setiap sekolah, selalu disediakan suster/perawat yg bahkan menyediakan kondom utk anak2 (katanya sih...) di ruangannya. Suster juga selalu menyediakan waktu utk tempat curhat/sex education bagi para remaja itu. Ha...ha...ada2 aja.

Inga kommentarer: