fredag 18 januari 2008

Ketika 'the beast' mengalahkan 'the beauty'

Akhirnya drama perceraian Halimah (H5)vs Bambang Tri (BT)mencapai klimaks ketika hakim mengabulkan gugatan cerai BT. Gw terhenyak sampai rasanya betul2 bad mood seharian. Hi....hi...kok aneh sih, orang lain yg cerai gw yg sedih, pdhl sodara bukan, teman pun bukan.

Sebagai perempuan, isteri & ibu (spt kebanyakan ibu2 & perempuan normal yg bela H5), tentu aja hati gw ikut teriris2. Ih...gak kebayang deh, kekasih, suami atau ayah gw diambil orang. Jangankan yg udh jadi suami, putus ama pacar aja dunia serasa mau runtuh.

Soal H5 vs BT sih, udh kita duga, pasti hakim memenangkan pihak BT. Anak kecil jg tahu, kuku keluarga Soeharto msh mencengkram tajam di mana2, apalagi duitnya bejibun. Buat gw yg gak percaya dg cinta buta, rasanya sulit bisa dipercaya BT melepas isterinya yg cantik, intelek dll demi seorang Mayangsari. Kata kakak gw, itulah jeleknya pria, sekali jatuh cinta, betul2 lupa segalanya. Masak sih? klo gw blg, BT-nya aja yg lg gelap mata & gak bersyukur. Orang lain mau punya isteri cantik, pintar, intelek dll, susah banget. Orang lain mau punya anak susah, eh dia dpt 3 ekor he..he...ada anak perempuan & laki2. Lengkap banget tuh hidup. Mungkin benar kata pepatah ya, makan sirloin steak melulu setiap hari bisa bosen, sekali2 makan oncom pasti terasa nikmat. he...he....

Kali sdh suratan takdir ya, gw pernah ketemu ketiga manusia itu: H5, BT & Mayangsari. H5 ketemu cuma sekali, waktu itu (belasan tahun lalu) gw disuruh meliput acara fashion show di Sangri-La Hotel. Konon, uang hasil dari fashion show akan diberikan kpd Gerakan Orang Tua Asuh (GNOT) yg diketuai H5. Beruntung gw dpt kursi wartawan, barisan no.2 Itu acara betul2 menyebalkan krn nga...aret lama banget.

Setelah nunggu cukup lama, sang Ratu H5 pun datang jg dg batik warna cokat & rambut disanggul dg diberi melati putih yg menjd ciri khas dia. Kesan gw waktu itu adalah, doi ibu2 banget, anggun tp agak kaku, pandangannya lurus ke depan dg dagu lancipnya ke atas, hanya sesekali menoleh & pelit senyum (hi...hi...mending gw ya, jelek2 gini suka amal senyum). Setelah fashion show selesai, doi langsung pulang tanpa mengikuti acara selanjutnya, dgn diiringi panitia yg berlaku bak dayang2. H5 memegang buket bunga, Gw cuma mikir: "Segitu doang toh...."Itu loh kesan gw ttg H5 yg gw lht cuma selama kurang dari 1 jam tp nunggunya lama...banget.

BT, sering ketemu dlm berbagai acara krn kebetulan gw wartawan bisnis (pdhl gw gak bs bisnis sama sekali). Cuma baru bisa ngobrol2 dekat saat gw ke Bali meliput acara penataran P4 buat para konglomerat selama beberapa hari. Kalau gak salah itu tahun 96 dimana para taipan diimbau utk mau sedikit berbagi rejeki dg industri kecil spy gak memicu kecemburuan sosial yg membuat suhu politik makin panas, aplg waktu itu isu suksesi mulai bergemuruh di Indonesia.

Sebetulnya itu acara tertutup buat wartawan, tp bos gw dpt bocoran. Maka berangkatlah kami bertiga & gw spt biasa yg kebagian mondar mandir dekati nara sumber. Gw bisa bebas di sana krn gak byk wartawan alias gak ada saingan, apalagi gw wartawati (hi...hi...ngaku aja deh, dulu suka memanfaatkan kecewekan gw buat menarik nara sumber. Soale klo yg nungguin wartawan cewek, biasanya nara sumber suka gak tega loh...). Nah, suatu hari ketika lagi lunch break, Anthony Salim yg memang kenal baik ama gw, langsung melambaikan tangan dari mejanya. Gw pun menghampiri (hi...hi...siapa yg nolak dipanggil taipan terkaya). Disebelahnya duduk BT dan taipan2 lain. Lalu mereka meminta gw duduk & makan bersama mereka. Ya, kesempatan dong bisa sambil bercanda & ngorek2 berita, dpt ikan tongkol masak dilepas. Itu kesempatan yg amat berkesan & sebagai perempuan dewasa, gw punya kesan 'khusus' ttg BT, yg menurut gw mungkin ada benarnya bahwa dia 'mencari' sesuatu yg dia gak dpt dr H5. Nah, ini nih foto saat makan itu.


Mayangsari, gw ketemu bukan karena ngeliput (hi..hi..gw bukan wartawan infotainment & gak suka banget klo disuruh wwcr artis yg menurut gw hmm....). Suatu ketika, di tahun 2001, gw mau balik ke Swedia dg Air France. Di airport keluarga gw bilang: "Eh, ada Mayangsari tuh ama adiknya. Mau kemana ya? Kayaknya diantar ama cowoknya deh tuh, cakep jg cowoknya." Ternyata, dia satu pesawat dg gw. Nah di Paris, dia berdiri di depan gw saat ngantri di imigrasi. Dia terbang bersama adiknya & seorang cowok yg agak2 bences. Kesan gw, kok, ya, gak ada keren2-nya sama sekali sbg artis. Biasa...banget. Manisnya standar-lah, gak heboh & keren. Kulitnya gelap.

Spy dia gak GR, gw pura2 gak tahu kalau dia artis. Dsr wartawan, akhirnya gatel jg klo gak nanya, pdhl gw sibuk megang kereta dorong anak:
Gw: "Mau ke mana Mbak?"

Ternyata doi gak sombong.

Dia jawab: "Mau ke Amsterdam. Ini mau ganti pesawat."
Gw:"Oh..."

Mayangsari: "Mbak mau ke mana?"

Gw: "Swedia..."

Mayangsari: "Oh...mau ganti pesawat juga dong?Gw: "Iya..."

Mayangsari menatap anak gw & sedikit bingung (mungkin lht eksim di seluruh badan anak gw): "Ini anaknya ya, Mbak?"

Gw: "iya....ini badannya kena allergi jd eksim"

Mayangsari: "Oh...kasihan ya..."

Sudah itu, kami mendapat giliran men-cap paspor masing2. Doi belok ke kanan, gw belok ke kiri. Konon, katanya dia menikah siri dg BT tahun 98 atau 99 gitu. Artinya, saat ketemu gw di Paris thn 2001 itu dia udh ama BT, tp kok,penampilannya dekil. Trus siapa ya, cowok yg anter dia ke airport & menurut adik gw, mesra banget dg si Mayang. Au ah gelap, bukan urusan gw....

Kasus dicerainya isteri pertama gara2 isteri ke-2 memang menyakitkan buat ibu2. Tp mudah2an para ibu, khususnya H2, belajar spy gak take it for granted bahwa suami gak bakal lari dg semua kesempurnaan yg kita miliki.

Gw bs merasakan pedihnya hati H5 (hi...hi...sok teyu deh). Mungkin kepedihan itu bukan cuma krn suami diambil perempuan lain. Tp mungkin yg membuatnya lbh pedih, ternyata perempuan yg mengalahkannya betul2 gak se-level alias gadis ndeso yg gak diperhitungkan sama sekali(duh...emang org desa gak boleh beruntung apa, kejam jg ya, klo kita berpikir begitu).

Klo kita kembali ke agama, akhirnya kita cuma bs bilang: jodoh maut ditangan hakim, eh salah, ditangan Tuhan. Mungkin jodohnya H5 & BT emang cuma sampai di sini. Idealnya, BT ceraikan H5 dulu baru cari perempuan lain & menikah lagi. Klo begini ketahuan deh, perceraian memang dipicu dg kehadiran pihak ke-3 yg tak lain adalah Mayangsari.

Klo gw jd H5, gw gak bakal ngemis2 lagi (sorrrrri gengsi deh), buat apa????. Klo gw jd H5 lbh baik konsentrasi dg anak cucu. Klo msh ada uang byk, bikin aja kegiatan sosial sambil berdoa semoga BT & Mayang diksh pelajaran kelak. He...he...ngomong sih, emang gampang ya, tp coba suruh ngerasain sendiri. Kata pepatah Swedia, perempuan adalah musuh bagi perempuan lainnya. Oo.....
















1 kommentar:

gula jawa sa...

mbak, salam kenal ya !
aku ketawa2 abis deh baca tulisan ini.. lucu tapi miris....
yah, Mayang emang mungkin bawaan rejekinya bagus, biar dia bukan orang keren ato elit...
semoga harta yang nyampe tangan dia bisa dipake hal lebih baik dari pada jika di tangan orang lain.

btw, aku tinggal di belanda, dan dulu waktu kuliah juga sekali2 jadi reporter karena aku anggota tabloid kampus... seru yah jadi wartawan ^_^
email2 aku ya mbak... nambah temen gitu looh... palupi@gmail.com
salam manis selalu (jadul bgt .. )